Jumat, 23 August 2019
  • 0812 8531 6271
  • dkp@luwuutarakab.go.id

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Orientasi PTT Penyuluh Pertanian

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Orientasi PTT Penyuluh Pertanian Ir. Armiadi, M.Si, Ir. H. Abdul Mahfud, MM, Risman, SP, MP pada pembukaan Orientasi PTT Penyuluh Pertanian

Masamba --- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara mengadakan Orientasi Pegawai Tidak Tetap (PTT) Penyuluh Pertanian selama tiga hari (25-27 Juli 2018) yang diikuti oleh 64 orang PTT di Hotel Elegant Masamba. Kegiatan ini bertujuan  1. memotivasi penyuluh untuk lebih kreatif, inovatif dan profesional dalam pembangunan pertanian, 2. agar penyuluh lebih memahami secara utuh akan tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawabnya sebagai penyuluh dan  agen pembangunan pertanian, 3. Meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian dalam membimbing dan pemecahan masalah usaha tani di lapangan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah, Ir. H. Abdul Mahfud, MM (Rabu, 25/07/18). Abdul Mahfud berharap orientasi tersebut member dampak terhadap pola kerja penyuluh petanian sebagaimana yang tertuang dalam Visi Bupati 2016-2021 yaitu “Luwu Utara yang religius dengan pembangunan berkualitas dan merata yang berlandaskan kearifan lokal.”

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kinerja penyuluh  “saya yakin dan percaya terhadap kinerja penyuluh telah banyak membantu dann memberi warna tersendiri terhadap berbagai program dan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di daerah ini.” Lanjut ditambahkan ,”penyuluh harus  memiliki tiga sifat yaitu kebersihan hati, kecerdasan pikiran dan keberanian mental.”

Penyelenggaraan penyuluh memegang peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah karena kontribusinya yang nyata terhadap penyediaan lapangan kerja, pendapatan domestic bruto, peningkatan pendapatan petani dan pelestarian lingkungan hidup.

Penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di lapangan mempunyai peran yang sangat strategis terhadap pencapaian program-program pembangunan. (SM)