Senin, 18 February 2019
  • 082 311 749 711
  • dekapeluwuutara@gmail.com

Tanam Perdana Kakao oleh Dinas Ketahanan Pangan di Tarobok

Tanam Perdana Kakao oleh Dinas Ketahanan Pangan di Tarobok Indah Putri Indriani dan Ir. Armiadi, M. Si saat melakukan Tanam Perdana Kakao

Masamba--- Pengembangan Pertanian Lahan Kering (PPLK) merupakan salah satu kegiatan pemerintah daerah Kabupaten Luwu Utara yang ada di Dinas Ketahanan Pangan. Pada kegiatan ini, pemerintah daerah memilih komuditi kakao dengan luas lahan 60 ha di 5 kecamatan dengan 8 kelompok tani. Kegiatan ini menggunkan model pengembangan holistik/ full packet artinya melalui kegiatan PPLK, pemerintah daerah menyediakan kebutuhan fisik maupun non fisik bagi petani kakao.

Salah satu tahapan kegitaan PPLK yaitu melakukan Tanam Perdana Kakao yang dilaksanakan disalah satu lahan petani penerima manfaat yaitu kelompok tani Sipaturu I, Desa Tarobok, Kecamatan Baebunta. (Sabtu/ 01 September 2018).

Dalam sambutannya, Ir. Armiadi, M. Si menyampaikan alasan memilih komuditi kakao pada kegitaan PPLK  “ kita memilih kakao karena untuk membangkitkan kembali potensi kakao daerah, kakao memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan Luwu Utara sendiri memiliki klon unggul nasional yaitu MCC 02 (Masamba Cocoa Clon 02)."

Pada kesempatan tersebut, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berharap agar ikon yang selama ini terbangun bahwa Luwu Utara adalah daerah penghasil kakao terbesar di Sulawesi Selatan, tidak hanya terbesar saja, melainkan bisa menjadi yang  terbaik. “Ini salah satu bentuk keseriusan kita, untuk itu, saya mengapresiasi apa yang kita lakukan hari ini,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rusdi Rasyid (Kepala BAPPEDA), Agussalim Lambong (Kepala Dinas TPHP), Muhammad Asyir Suhaeb (Inspektur Inspektorat), Andi Yasir Pasandre (Camat Baebunta), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Kelompok Tani Penerima Manfaat serta masyarakat setempat. (SM)