Jumat, 23 August 2019
  • 0812 8531 6271
  • dkp@luwuutarakab.go.id

Elite Pusat Ramai-Ramai Kunjungi Kampung Kakao Di Desa Batu Alang

Elite Pusat Ramai-Ramai Kunjungi Kampung Kakao Di Desa Batu Alang Ir. Bambang, MM dan rombongan di Kantor Desa Batu Alang.

Masamba--- Temu  Wicara dengan Dirjen Perkebunan dan Kepala Badan Litbang Kementrian Pertanian yang  dilaksanakan di kampung Kakao, desa Batu Alang, Kecamatan sabbang (Selasa, 10/07/2018), di hadiri Bapak Jan Darmadi (Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI), HM, Luthfi A. Mutti (Anggota DPR RI), Fadholi (Anggota DPR RI), Ir. H. Syamsul Syair, Ir. Bambang, MM (Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian ), Drs. H. M. Judas Amir, M.H, Kaban Litbang Kementrian Pertanian RI, Kadis Perkebunan Prov. Sul-Sel, Ir. Armiadi, M.Si (Kepala Dinas Ketahanan Pangan), Kepala Dinas   TPHP, Anggota DPR LUTRA.

Dalam laporan Bupati Luwu Utara yang diwakili oleh Ir. H. Syamsul Syair, Kakao merupakan komoditi unggulan di kabupaten Luwu Utara. Luas area kakao pada tahun 2017 yakni 39.410,27 ha dengan produksi 26.274,91 ton dan melibatkan 28.020 KK.

Pada kesempatan tersebut, Jan Darmadi menyampaikan kepedulian kepada masyarakat petani kakao di Luwu Utara, ia mengatakan bahwa“ baru kali ini Watimpres diboyong dengan “paksa” ke daerah (red.Luwu Utara), pak Presiden juga menitip salam untuk masyarakat Luwu Utara. Saya juga berharap masyarakat mampu mengolah hasil panen untuk meningkatkan nilai jual kakao.”   

Anggota DPR RI Komisi IV, mantan Bupati luwu Utara, HM. Luthfi A. Mutti “ kakao harus dijadikan pengungkit, pendorong, penarik daerah dalam memajukan daerah Luwu Utara. Lanjut ditambahkan “mudah-mudahan melalui kakao masyarakat bisa lebih meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.”

Ir. Bambang, MM ,Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian, sangat merespon baik semua masukan dari petani kakao di desa Batu Alang. ‘’pada tahun 2018 sebanyak 1.300 ha untuk pengembangan kakao dan untuk 2019 sebanyak 500 ha. Jika kesiapan petani Luwu Utara maksimal tahun 2019 bisa menjadi 1.000 ha atau bahkan lebih. “ Ia juga  berterima kasih kepada pemerintah daerah Luwu Utara,  Kepala dinas DKP, Kepala Dinas   TPHP,  para pendamping penyuluh pertanian dan semua masyarakat yang menerima dengan baik rombongan dari pusat. (SM)